Selasa, 24 April 2012

WISATA CANDI

CANDI BOROBUDUR

      Keagungan  Candi Borobudur sempat hilang tertimbun tanah selama berabad-abad akibat erupsi Gunung Merapi. Gundukan tanah telah ditumbuhi semak belukar sehingga menyerupai bukit yang tidak terurus.  Banyak misteri yang menyelimuti alasan kenapa setelah erupsi Candi Borobudur ditelantarkan oleh banyak orang. Periode 928 sampai dengan 1006, Raja Mpu Sindok hijrah ke kawasan Jawa Timur setelah serangkaian bencana alam vulkanik. Tahun 1976 sejarawan Seokmono membuat kesimpulan popular bahwa candi ini mulai benar-benad ditinggalkan sejak penduduk sekitar beralih keyakinan agama Islam pada abad ke-15
        Candi Borobudur terletak di kawasan desa Borobudur, kecamatan Borobudur, kota Magelang. Pada area lahan candi Borobudur terdapat sejumlah objek menarik untuk dikunjungi seperti atraksi binatang dan Museum, seperti Museum Karmawibangga dan Museum Samuderaraksa.

CANDI BARONG

        Candi Barong yang mempunyai hiasan kala dan naga mirip seperti barong pada pintu masuknya adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Ratu Boko, yaitu di dusun Candisari, kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno.
       Penemuan awal kompleks candi ini sekitar tahun 1913 oleh seorang Belanda dalam rangka perluasan perkebunan tebu untuk mendukung produksi pabrik gula, ketika itu kondisi candi masih berupa reruntuhan dan sangat sulit dikenali bentuk aslinya. Proses susun-coba candi mulai dilakukan pada tahun 1978, dan akhirnya berhasil merestorasi bangunan candi pertama pada tahun 1994. Pada tahun-tahun selanjutnya, diadakan pemugaran pada candi kedua, pemugaran pada pagar, serta pemugaran pada talut (bagian tepi kompleks candi yang landai).
       Kompleks candi ini berada di atas tanah berundak 3 dengan beberapa bangunan candi pada setiap terasnya. Pada teras tertinggi terdapat 2 buah candi untuk pemujaan dewa Wisnu dan dewi Sri sebagai lambang kesuburan. Masing-masing candi ini mempunyai ukuran kira-kira 8 meter x 8 meter dengan tinggi 9 meter.

       Mengunjungi Candi Barong ini, Anda akan menemukan beberapa keunikan yang tidak dapat ditemukan pada candi-candi peninggalan agama Hindu lainnya di Yogyakarta maupun Jawa Tengah. Keunikan pertama adalah hiasan kala makara berupa kepala singa (barong) yang memiliki rahang bawah. Hiasan kala makara biasanya dipahat di atas pintu atau relung-relung candi sebagai simbol penolak bala. Hiasan barong di candi-candi lain di Yogyakarta maupun Jawa Tengah biasanya hanya menggambarkan muka singa tanpa rahang bawah, sehingga hiasan di Candi Barong ini nampak cukup istimewa. Mungkin karena cukup istimewa itulah candi ini kemudian dijuluki Candi Barong oleh masyarakat sekitar. Hiasan barong yang sama juga terdapat di beberapa candi di Jawa Timur yang usianya lebih muda dibuat pada masa Kerajaan Singosari maupun Kerajaan Majapahit


CANDI BOKO

        Candi Ratu Boko memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh candi-candi lainnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang pada umumnya dibuat hanya untuk tempat ibadah. Peninggalan di situs Candi Ratu Boko menunjukkan bahwa bangunan tersebut memiliki sifat profan yang ditunjukkan dengan keberadaan keputren dan paseban.
       Candi Ratu Boko terletak di kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman. Luasnya yang mencapai 16 ha. membuat wilayah Ratu Boko masuk dalam dua desa, Dawung dan Sambirejo. Lokasinya kurang-lebih 17 km di sebelah timur kota Jogja dan dapat diakses lewat jalan raya Yogyakarta-Solo. 
       Selain melihat-lihat kompleks candi yang bersejarah, Ratu Boko juga menyediakan panorama cantik. Apa lagi pada senja hari. Di Plaza Andrawina, salah satu bagian Candi, jika melihat ke utara pengunjung akan melihat pemandangan cantik kota Jogja dan candi Prambanan dengan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Di kala senja, nuansa sekitar candi akan semakin cantik dengan semburat jingga matahari senja. Di kompleks Ratu Boko juga terdapat sumur bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra. Letaknya di sebelah tenggara candi Pembakaran. Kini, airnya pun masih sering dipakai. Masyarakat setempat mengatakan, air sumur itu dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya. Sementara orang-orang Hindu menggunakannya untuk Upacara Tawur agung sehari sebelum Nyepi.
       Candi Ratu Boko lebih mirip istana atau kraton ketimbang candi. Ini karena fungsinya dahulu yang bukan hanya tempat ibadah, tapi juga benteng pertahanan. Ratu Boko terletak 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan. Ratu Boko didirikan di masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Hal ini dapat dilihat di Prasasti Kalasan tahun 779 Masehi, Prasati Mantyasih 907 Masehi, dan Prasasti Wanua Tengah III tahun 908 Masehi. Rakai Panangkaran adalah pengikut Budha, namun di kompleks Ratu Boko terdapat unsur-unsur Hindu yang memuja dewa Siwa. Menurut para ahli, ini membuktikan adanya toleransi beragama pada masa itu..

 

CANDI SARI

        Candi Sari adalah candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi Sambi Sari, Candi Kalasan dan Candi Prambanan, yaitu di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Pada bagian atas candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang nampak pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan sejajar. 
       Candi Sari merupakan bangunaan bertingkat dua atau tiga, dan
diperkirakan setiap lantai tersebut memiliki fungsi yang berlainan. Lantai bawah difungsikan untuk kegiatan sehari-hari seperti belajar-mengajar, diskusi dan bersosialisasi dengan penduduk sekitar, lantai atas difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang untuk kegiatan ritual agama. Perancangan Candi Sari ini memang sengaja dibuat bertingkat dengan adanya dinding yang menonjol melintang mengelilingi bagiah tengah tubuh candi. Bagian luar bangunan    
       Candi Sari terdapat cekungan atau relung-relung yang menempel di candi tersebut. Diperkirakan, relung-relung tersebut tadinya dihiasi dengan arca-arca Buddha. Dinding luar tubuh dipenuhi pahatan arca dan hiasan lain yang sangat indah. Ambang pintu dan jendela masing-masing diapit oleh sepasang arca lelaki dan wanita dalam posisi berdiri memegang teratai. Setiap permukaan pada dinding Candi Sari terdapat pahatan arca yang memiliki ukuran yang sama dengan tubuh manusia pada umumnya. Jumlah keseluruhan pahatan arca adalah 36 buah, sisi bagian barat terdapat 12 buah, sisi bagian timur atau depan terdapat 8 buah, sedangkan sisi selatan dan utara berjumlah sama yaitu 8 buah pahatan arca. Selain itu , corak pahatan Kinara Kinari (manusia burung), Suluran dan Kumuda (daun dan bunga yang menjulur keluar dari sebuah jambangan bulat)  dan Kalamakara menjadi pahatan jenis lain yang mengisi dinding Candi Sari selain pahatan arca.
       Bentuk bangunan candi serta ukiran relief yang ada pada dinding candi sangat mirip dengan relief di Candi Plaosan. Beberapa ruangan bertingkat dua berada persis di bawah masing-masing stupa, dan diperkirakan dipakai untuk tempat meditasi bagi para pendeta Buddha (bhiksu) pada zaman dahulunya.


CANDI KALASAN

      Candi Kalasan merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa Kalasan, kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta.
Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo serta sekitar 2 km dari candi Prambanan.
       Berdasarkan prasasti yang berangka tahun 700 Çaka, diketahui latar belakang pendirian Candi Kalasan ini adalah permintaan para guru terhadap Maharaja Tejahpurana untuk membangun bangunan suci bagi Dewi Tara. Sebagai suatu bentuk persembahan bagi sang dewi, tentunya desain candi berikut materialnya dirancang sebaik mungkin. Namun Candi Kalasan yang dibangun sekitar tahun 778 M ini juga tak luput dimakan usia.
       Kini, bangunan Candi Kalasan sudah tidak utuh lagi seperti semula meskipun candi ini pernah dipugar oleh seorang Belanda pada tahun 1927–1929. Walau demikian, beberapa keistimewaan Candi Kalasan dibandingkan candi lain sampai sekarang masih bisa kita saksikan.


CANDI PRAMBANAN

   Candi Prambanan atau dikenal juga dengan nama Candi Rara Jonggrang adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Lokasi candi ini berada di desa Prambanan, pulau Jawa, sekitar 20 km sebelah timur Yogyakarta, 40 km sebelah barat Surakarta dan 120 km sebelah selatan Semarang.Nama Prambanan, berasal dari nama desa tempat candi ini berdiri, diduga merupakan perubahan nama dialek bahasa Jawa dari ‘Para Brahman’, yang mungkin merujuk kepada masa jaya candi ini yang dahulu dipenuhi oleh para brahmana.       Dalam legenda dikisahkan, candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso untuk memenuhi persyaratan dari Rara Jonggrang. Awalnya, Bandung Bondowoso yang jatuh hati pada kecantikan Rara Jonggrang hendak melamar putri raja itu. Rara Jonggrang yang tak mencintai Bandung Bondowoso tak berani menolak lamaran itu secara langsung. Makanya ia mengajukan syarat yang sulit pada Bandung Bondowoso, yaitu membangun candi dengan seribu arca. Dengan kesaktiannya, Bandung Bondowoso hampir dapat memenuhi persyaratan itu. Namun pada arca yang ke 999, Rara Jongrang meminta bantuan warga untuk menumbuk padi dan membuat api besar sehingga ayam pun berkokok karena mengira pagi telah datang. Bandung Bondowoso yang murka karena merasa dicurangi kemudian mengutuk Rara Jonggrang menjadi arca yang ke 1000. 
       Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Garuda untuk Wisnu, Angsa untuk Brahma dan Nandini untuk Siwa.

42 komentar:

  1. kasih tau hrga tiket masuknya juga dong gan

    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus
  2. Ramuan menghitamkan rambut dan atasi uban https://www.youtube.com/watch?v=wHTK_Cxo5kg

    BalasHapus
  3. Bagaimana membalikkan santet yang datang ke rumah https://www.youtube.com/watch?v=VDiDySRPmwY

    BalasHapus
  4. Bagaimana membalikkan santet yang datang ke rumah https://www.youtube.com/watch?v=VDiDySRPmwY

    BalasHapus
  5. Charge HP tanpa listrik dengan menggunakan air garam https://www.youtube.com/watch?v=eH1AamN7BlY

    BalasHapus
  6. Charge batre ponsel tanpa listrik dengan silet dan asam sulfat https://www.youtube.com/watch?v=9j9YHsNmWNU

    BalasHapus
  7. Ramuan alami membuat tidak cepat keluar https://www.youtube.com/watch?v=_BwqARoU4U4

    BalasHapus
  8. Ramuan murah meriah mengkilapkan body motor https://www.youtube.com/watch?v=IizU_ITbPYc

    BalasHapus
  9. Memanfaatkan bekas tempat pasta gigi menjadi dompet https://www.youtube.com/watch?v=Z7-vneMUAbE

    BalasHapus
  10. Bagaimana memanfaatkan sampah bekas koran menjadi bingkai foto https://www.youtube.com/watch?v=tAP9N1UaVWg

    BalasHapus
  11. Fungsi rahasia lubang kabel data ponsel android https://www.youtube.com/watch?v=PPgg5RcsGu8

    BalasHapus
  12. Amalan penglaris dagangan dengan air cucian beras https://www.youtube.com/watch?v=-05wrpFLDwE

    BalasHapus
  13. 8 Faktor penyebab burung Mr P Otong Laki laki sulit berdiri https://www.youtube.com/watch?v=nufhzheklMY

    BalasHapus
  14. Petunjuk bagaimana caranya untuk mengetahui siapa pelaku santet https://www.youtube.com/watch?v=qkuhKkceYlM

    BalasHapus
  15. Petunjuk bagaimana caranya dapat melihat khodam pendamping diri sendiri https://www.youtube.com/watch?v=8q7d2JKJkjI

    BalasHapus
  16. Petunjuk cara paling mudah membuang sial dari dalam diri dan kehidupan anda https://www.youtube.com/watch?v=-ankK3u8-vE&t=15s

    BalasHapus
  17. 11 Ciri perempuan yang setia pada pasangannya https://www.youtube.com/watch?v=x9iePSU2R80

    BalasHapus
  18. Ciri atau tanda pelaku santet https://www.youtube.com/watch?v=K0eyvIAo3Rw

    BalasHapus
  19. 7 Cara supaya cewek suka pada anda https://www.youtube.com/watch?v=oGgtMvmSKTw

    BalasHapus
  20. 8 Ciri wanita yang dikagumi pria https://www.youtube.com/watch?v=SMvwBuJyL1c

    BalasHapus
  21. 11 Ciri suami selingkuh di belakang istri https://www.youtube.com/watch?v=QoZNqmCQ5qk&t=73s

    BalasHapus
  22. 10 Ciri wanita pelakor penggoda pria beristri https://www.youtube.com/watch?v=ZxKm_K_kwhA

    BalasHapus
  23. Ajian mantra pelet puter giling penakluk wanita https://www.youtube.com/watch?v=_5MuJ6TnYpo&t=30s

    BalasHapus
  24. Ramuan obat untuk perangsang wanita https://www.youtube.com/watch?v=7plT31BRWf4&t=28s

    BalasHapus
  25. 6 Ciri suami yang suka istri orang https://www.youtube.com/watch?v=lB3dtww947w&t=26s

    BalasHapus
  26. 7 Cara membuat cewek penasaran pada anda https://www.youtube.com/watch?v=F7quKlbqxuw

    BalasHapus
  27. 7 Ciri cewek lagi suka pada anda https://www.youtube.com/watch?v=iyrXkJ9sXe8

    BalasHapus
  28. 15 Ciri wanita benafsu tinggi https://www.youtube.com/watch?v=_howEVuK4Mw

    BalasHapus
  29. 8 Cara supaya cewek suka kamu https://www.youtube.com/watch?v=p5OGKrnTlRU

    BalasHapus
  30. 9 Ciri wanita yang dikagumi pria https://www.youtube.com/watch?v=yMBuKvZ0soM

    BalasHapus
  31. 6 Cara terbaik menghadapi istri yang cerewet https://www.youtube.com/watch?v=nBbib4QTIO8&t=30s

    BalasHapus
  32. 8 Ciri cewek yang punya banyak pacar https://www.youtube.com/watch?v=vLATbJNH_wY&t=37s

    BalasHapus
  33. 6 Ciri istri yang mengalami puber kedua https://www.youtube.com/watch?v=qXLBnzZx8H0&t=24s

    BalasHapus
  34. 7 Ciri wanita bersuami yang jatuh cinta pada pria beristri https://www.youtube.com/watch?v=bAEPCPGARLk&t=25s

    BalasHapus
  35. 5 Ciri wanita yang tidak tertarik pada kamu https://www.youtube.com/watch?v=QnXHUyRFQqc

    BalasHapus
  36. 6 cara memikat cewek yang sudah punya pacar https://www.youtube.com/watch?v=OvizmhG9-dY

    BalasHapus
  37. 7 Hal yang menyebabkan istri selingkuh https://www.youtube.com/watch?v=M46Y4SqBO4Y&t=69s

    BalasHapus